# # # # #

Dit is zijn blog hardintya ... deze blog is open voor het publiek-sharing .. Gelieve te delen hier

Jumat, 25 Maret 2011

Kiat – kiat Agar Mudah Ingat


Pertama, adalah berdoa dulu. Kan ada tuch amalan-amalan doa sehari-hari agar terhindar dari sifat lupa dan mudah mengingat sesuatu.

Kedua, tips yang paling manjur adalah repetisi atau pengulangan. Semakin banyak kita mengulang maka semakin baik bagi ingatan kita. Terutama buat kamu yang masih berkutat dengan ujian nich...Namun bukan berarti kita bisa dengan cepat mengingat sesuatu dengan sempurna hanya dengan mengulang satu atau dua bahkan lima kali sekalipun sebelum ujian. Apalagi jauh-jauh sebelum ujian. Bisa-bisa malah hilang lagi ingatan kita. Pengulangan membutuhkan waktu dan frekuensi. Jadi yang benar adalah mengulangi materi mulai dari awal penyampaian plus materi-materi berikutnya dengan waktu yang berkesinambungan. Jangan sampai materi menumpuk lalu kamu mengulangnya dalam satu waktu. Emang kamu mau jatah makan kamu selama setahun ditumpuk jadi satu lalu kamu harus makan dalam semalam???? Kecuali kamu merasa jenius.

Ketiga, yaitu Asosiasi. Adalah metode dengan menggunakan atau mengaitkan sesuatu yang akrab dengan kamu coy... Misalnya kamu lupa jumlah perkalian 4x4. Nah ingat dong pantun saat kamu kirim sms ke pacarmu tapi gak buruan dibales? Biasanya kamu menambah pantun begini  “sempat gak sempat harus dibalas.” Tingggg.....” jadi ingat dech hasil perkalian 4x4 adalah enam belas. Tapi kalau kamu ingatnya dua belas, jangan salahkan ibu mengandung. Hehehe.....

Keempat, Jika kamu termasuk orang yang suka menyepelekan hal kecil. Nah, mulai sekarang jadikan hal sepele apapun menjadi hal yang serius. Berlagaklah kamu akan dosa besar jika kamu melupakan hal sepele itu. Misalnya kamu seolah-olah akan berdosa besar atau akan berdampak buruk jika kamu lupa membelikan sesuatu yang dipesan kakakmu. Hal terburuk si jika sifat pelupa kamu membuat kamu dijuluki pikun muda.

Kelima, jika kamu orang yang super sibuk yang rentan untuk melupakan sesuatu. Gunakan alarm pada hape kamu sebagai pengingat. Modern dikit kan? Kalau gak punya hape si bisa dicatat di lembaran kertas.

Keenam, Jangan terlalu berat memikirkan sesuatu. Beban yang terlalu berat justru akan membuat memori lemah dan hasilnya adalah susah mengingat dan mudah lupa.

Ketujuh, beri porsi otak kita untuk istirahat. Tidur siang mungkin. Tapi tidurnya jangan terlalu keenakan. Nanti lupa ada ketemuan ma pacar. (Yang satu ni si gak bakal lupa)


Tidak ada komentar:

:k1 :k2 :k3 :k4 :k5 :k6 :k7 :k8 :k9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :a7 :a8 :a9


Posting Komentar

anyar coyy lawas coyy ngarepan coyy